VISI & MISI
SMP NEGERI 9 BANDUNG
Home / Profile Sekolah / Visi & Misi
VISI
”Membentuk Peserta Didik SMP Negeri 9 yang Cerdas, Agamis, Kreatif, berKArakter, Peduli Budaya-Lingkungan”
– CAKAP –
INDIKATOR VISI
Cerdas, dalam pengertian cerdas intelektual, cerdas emosi dan cerdas spirutual, cerdas intelektual artinya cerdas dalam pengetahuan dan teknologi yang ditunjukkan dengan nilai yang tinggi, sedangkan cerdas dalam emosional ditunjukkan oleh tingkat kedewasaan dalam memecahkan masalah sendiri, tidak mudah stress dalam menghadapi masalah, dewasa dan memiliki rasa empati, sedangkan cerdas spiritual ditunjukkan dengan mampu memaknai hidup dan kehidupan dan segala yang terjadi dalam kehidupan sebagai suatu takdir yang perlu diusahakan secara maksimal dengan menyerahkan hasil usaha itu kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.
Agamis, adalah untuk meningkatkan potensi spiritual dalam membentuk peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Alloh SWT, berakhlaq mulia menyangkut etika, budi pekerti dan moral sebagai manisfestasi dari agama yang dianutnya, sehingga pada akhirnya akan mencerminkan harkat dan martabat sebagai makhluk Alloh SWT.
Kreatif, Pendidikan kreatif mempunyai konsep bahwa manusia sebagai subjek yang memiliki kemampuan menghadapi dunia dan lingkungan hidupnya, serta kemampuan untuk mengatasi dan memecahkan masalah-masalah yang akan dihadapi manusia itu sendiri. Sekolah kreatif adalah sekolah yang mencintai, memberi kebebasan dalam berkreativitas sesuai dengan minat dan bakatnya peserta didik. Tujuan kurikulum kreatif harus ada perkembangan pribadi yang dinamis, integritas, dan otonomi sikap kepribadian yang sehat dengan lingkungan. Guru sebagai inisitor, motivator, dan fasilitator dalam menjalan pembelajaran sehingga memecahkan permasalahan-permasalahan. Peserta didik memahami potensi diri mengembangkan potensi dirinya secara positif dan meminimalkan potensi diri yang bersifat negatif.
Berkarakter adalah upaya sekolah untuk menanamkan nilai-nilai budaya karakter dalam diri setiap warga sekolah melalui berbagai kegiatan baik dalam proses pembelajaran intrakurikuler, ekstrakurikuler, maupun menciptakan suasana lingkungan sekolah sehingga budaya karakter menjadi sikap batin (believe system) serta menjadi landasan dalam bersikap dan bertingkah laku
Berbudaya Lingkungan, adalah wahana yang mampu mendukung dan berperan aktif dalam upaya menumbuhkembangkan sumberdaya manusia (SDM) yang berbudaya lingkungan yang dilandasi oleh kesadaran dan pemahaman atas kondisi lingkungan sekolah dan lingkungan sekitar dalam upaya mewujudkan generasi berbudaya lingkungan, dengan cara mendisiplinkan peserta didik untuk mengikuti peraturan sekolah dengan baik dengan penuh kesadaran diri sendiri dan penghayatan tentang pentingnya hidup selaras dengan lingkungan.
MISI
Dalam upaya mewujudkan visi tersebut, maka SMP Negeri 9 Bandung menetapkan misi sebagai berikut :
- Menumbuhkan kesadaran warga sekolah dalam memenuhi tuntutan profesi, komitmen pada peningkatan mutu sesuai standar nasional pendidikan.
- Menumbuhkan nilai-nilai global keagamaan warga sekolah dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME.
- Mengembangkan pola pembelajaran yang inovatif, kreatif, produktif, profesional, menyenangkan dan berdaya saing.
- Meningkatkan hubungan silaturahmi efektif internal eksternal dalam perkembangan ipteks dan budaya global untuk membangun karakter dan kesejahteraan bersama.
- Menumbuhkan kesadaran dalam menciptakan lingkungan yang tertata baik untuk menunjang pelaksanaan pelayanan kegiatan pembelajaran secara optimal.
TUJUAN
- Terciptanya kondisi pembelajaran dan iklim kerja yang kreatif, produktif dan professional melalui pendekatan yang humanis.
- Terpeliharanya hubungan yang harmonis dan saling menguntungkan antar dan inter instansi terkait dengan stakeholders pendidikan.
- Meningkatnya prestasi akademis dan non akademis serta layanan pendidikan yang bermutu, berkarakter, berbudaya, relevan dan berdaya saing dalam mendukung dan mewujudkan visi misi sekolah.
- Meningkatnya partisipasi masyarakat dalam pendayagunaan sumber-sumber potensial di sekolah.
- Terwujudnya kesejahteraan lahir dan bathin yang layak, merata, dan berkeadilan.
- Terwujudnya jaringan kerjasama melalui ICT dan tata kelola manajemen untuk efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan pendidikan yang bermutu.
- Terlaksananya penanaman nilai-nilai ahlakul karimah melalui penghayatan kandungan ayat suci Al-Qur’an.
- Terwujudnya budaya mutu, lingkungan yang sehat dan memiliki tata nilai bagi kelangsungan organisasi di sekolah.
- Kompetensi kelulusan peserta didik dapat memperoleh nilai rata-rata ujian mencapai 7,50.
- Sekolah memiliki peserta didik dengan kompetensi yang handal dan dapat bersaing dengan sekolah lain baik secara akademik maupun non akademik.
- Pengelolaan manajemen sekolah dapat terkoordinir dengan baik sesuai standar pengelolaan manajemen pendidikan.
- Menjadikan sekolah yang bersih, indah, nyaman, dan sehat sesuai dengan manajemen lingkungan hijau (Green School).
- Sekolah memiliki standard sarana dan prasarana/fasilitas sekolah meliputi : semua sarana dan prasarana, fasilitas, peralatan, dan perawatan memenuhi Sistem Pelayanan Minimal.
- Semua pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik membiasakan berperilaku budaya islami dalam berinteraksi di lingkungan sekolah.